Kali ini saya ingin membahas tentang berbagai system operasi mobile yang sudah ada pada smartphone , mungkin beberapa orang hanya mengenal system operasi Android , iOS, Blackberry dan Symbian saja , tapi selain itu banyak lagi system operasi lain yang belum kalian ketahui
berikut saya berikan beberapa system operasi yang saya ketahui 

Quote:
Spoiler for Sejarah:
Sistem operasi mobile telah lama hadir dalam kehidupan manusia, tepatnya 20 tahun yang lalu. Sebelumnya, handphone hanya bisa untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan atau menerima panggilan saja. Namun sekarang handphone sudah bisa terhubung dengan internet dan melakukan aplikasi bagai komputer, yang sekarang biasa disebut dengan smartphone. Hal itu dapat terjadi karena adanya Sistem Operasi Mobile yang terdapat pada smartphone atau handphone para pengguna. Pada tahun 1993 dirilis smartphone yang pertama, “IBM Simon” yang memiliki fitur layar sentuh, email serta PDA. Selang 3 tahun kemudian, tahun 1996 Palm Pilot 1000 memperkenalkan personal digital assistant (PDA) untuk pertama kalinya dengan sistem operasi Palm OS. Masih dalam tahun yang sama PC Handled untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan sistem Windows CE. 4 tahun kemudian, tahun 2000 Symbian menjadi sistem operasi mobile modern pertama pada smartphone yang diluncurkan oleh Ericsson R380.

Setahun kemudian, tahun 2001 The Kyocera 6035 menjadi pelopor smartphone pertama yang menggunakan Palm OS. Tahun 2002, Microsoft pertama Windows CE (Pocket PC) pada smartphone diperkenalkan. Masih pada tahun 2002, Blackberry merilis smartphone pertamanya. 3 tahun kemudian, tahun 2005 Nokia memperkenalkan Maemo OS pada tablet internet pertama Nokia N770. Lalu tahun 2007, Apple iPhone dengan iOS diperkenalkan sebagai iPhone “mobile phone” dan “internet communicator”. Setahun kemudian, tahun 2008 OHA yang dibentuk oleh Google merilis Android 1.0 dengan HTC Dream (T-Mobile G1) sebagai ponsel Android yang pertama.

Selanjutnya tahun 2009 Palm memperkenalkan webOS dengan Palm Pre. Namun pada tahun 2012 perangkat webOS tidak lagi dijual. Masih dalam tahun yang sama, yaitu tahun 2009, Samsung mengumumkan Bada OS dengan pengenalan Samsung S8500. Tahun 2010 Windows Phone OS dirilis namun tidak sesuai dengan Windows Mobile OS yang sebelumnya. Setahun kemudian yaitu tahun 2011 muncullah Nokia N9, kolaborasi dari Nokia, Intel dan Linux Foundation, yang merupakan MeeGo Mobile Linux yang pertama dengan menggabungkan Maemo dan Moblin. Dan tepat pada tahun ini, 2013, Blackberry merilis sistem operasi terbaru mereka untuk smartphone dan tablet blackberry 10.
Garis waktu.
Spoiler for Garis Waktu

1993 Ponsel pintar yang pertama, IBM Simon, memiliki fitur layar sentuh, email, dan fitur PDA dirilis.
1996 Palm Pilot 1000 personal digital assistant(PDA) diperkenalkan pertama kali dengan sistem operasi Palm OS.
1996 PC handled pertama dengan sistem Windows CE diperkenalkan.
2000 Symbian menjadi sistem operasi genggam modern pertama pada ponsel pintar dengan munculnya Ericsson R380.
2001 The Kyocera 6035 menjadi ponsel pintar pertama yang menggunakan Palm OS.
2002 Microsoft Windows CE versi Pocket PC untuk ponsel pintar diperkenalkan.
2002 BlackBerry merilis ponsel pintar pertamanya.
2007 Apple iPhone dengan iOS pertama kali diperkenalkan.
2008 OHA merilis Android 1.0 dengan HTC Dream (T-Mobile G1) sebagai ponsel Android yang pertama.
2009 Palm memperkenalkan webOS melalui Palm Pre.
2009 Samsung memperkenalkan Bada OS melalui Samsung S8500.
2010 Windows Phone OS dirilis.


Quote:1. Android
Spoiler for Android



Sistem operasi ini sangat populer sekarang ini yang sangat di gandrungi banyak orang . sistem operasi ini berbasiskan linux. Salah satu keunggulannya lagi yaitu adalah android menyediakan platform terbuka bagi pengembang dan menciptakan aplikasinya sendiri, tak heran jika di google play tersedia jutaan aplikasi yang siap di download. Android di kembangkan oleh google dan di bentuklah open Handset Alliance. Pada saat perilisan android bersama Open Handset Alliance mendukung penuh pengembangan terbuka pada perangkat seluler atau biasanya di sebut dengan mobile. Kenapa banyak pengguna memilih sistem operasi android? Alasannya karena open source, multitasking, kemudahan dalam notifikasi, management widget yang fleksibel, dukungan penuh dari google, user interface yang sangat interaktif telah mendukung html 5 dan lain sebagainya.



Quote:2. iOS
Spoiler for iOS



Sistem operasi mobile yang di kembangkan oleh apple komputer. Awalnya sistem operasi ini hanya di kembangkan untuk iPhone saja, kemudian di kembangkannya lagi untuk perangkat mobile lainnya diantaranya adalah iPad, iPod, iPod Touch dan Apple TV. Sistem operasi ini hanya dapat di instal di device mobilenya apple saja. Bentuk interfaces pengguna iOS di dasarkan pada manipulasi langsung menggunakan multi touch dan di desain sederhana itulah yang menjadikannya kelebihan di bandingkan sistem operasi lainnya. Mempunyai kelebihan diantaranya yaitu navigasi mudah dan mendukung GPS, terintegrasi penuh dengan OS apple lain, dukungan multimedia sangat baik dan tersedia AppStore untuk kebutuhan user.



Quote:3. Windows Phone
Spoiler for Windows Phone



Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile, meski tidak kompatibel lagi.Tidak seperti pendahulunya, Windows Phone ditujukan pada pasar konsumen alih alih perusahaan.Sistem operasi ini pertama diluncurkan bulan Oktober 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011.
Dengan Windows Phone, Microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI. Selain itu, perangkat lunak ini terintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft, serta menetapkan persyaratan minimal untuk perangkat keras yang memakai SO ini.



Quote:4. Symbian OS
Spoiler for Symbian





Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam.

Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secaraevent-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.



Quote:5. Blackberry OS
Spoiler for Blackberry OS




BlackBerry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan RIM yang mendukung layanan multitasking untuk produk BlackBerry. BlackBerry diperkenalkan tahun 1997 oleh Perusahaan Kanada, Research in Motion(RIM) yang mampu menyampaikan informasi jaringan data nirkabel. BlackBerry mulai dikenalkan di Indonesia pada Desember 2004 oleh operator di Indonesia. Pasar BlackBerry mulai diramaikan oleh berbagai operator dengan menyediakan berbagai pilihan layanan seperti BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server. BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sejauh ini, fasilitas BlackBerry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.



Quote:6. Palm 
Spoiler for Palm OS

Macam macam Sistem Operasi Mobile !!!
Palm OS diperkenalkan di tahun 1996 yang awalnya dikembangkan untuk perangkat ponsel PDA (Personal Digital Assistant). Palm OS kemudian dikembangkan dengan kemudahan touchscreen-nya yang berbasis graphical user interface. Ciri khasnya dari PDA yang disokong oleh Palm OS adalah interface yang menampilkan shortcut-shortcut menu. Produk yang menggunakan Palm OS adalah HP Touch Pad, Palm Treo Smartphone dan lain.


Quote:7. Microsoft Windows Mobile
Spoiler for Windows Mobile

Macam macam Sistem Operasi Mobile !!!

Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut ‘Windows 7 Mobile’. OS ini berbasis pada Windows CE 7 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar.



Quote:8. Meego
Spoiler for MeeGo

Macam macam Sistem Operasi Mobile !!!

MeeGo adalah sebuah sistem operasi mobile yang berbasis linux dan sebuah proyek open source alias gratis. MeeGo dikembangkan untuk berbagai perangkat keras seperti netbook, komputer tablet, nettops (dekstop komputer yang berbentuk lebih kecil), in-vehicle infotaiment devices (perangkat infotaiment dalam kendaraan), smartTV, smartphone dan lain sebagainya. MeeGo OS merupakan OS yang terhitung baru dan diperkenalkan pada Mobile World Congress tahun 2010 dan yang memperkenalkan adalah Intel dan Nokia.


Quote:9. Bada
Spoiler for Bada




Bada OS adalah sistem operasi mobile untuk perangkat smartphone dan komputer tablet. Bada OS dikembangkan oleh salah satu vendor terbesar di dunia, Samsung Elektronik. Bada OS diperkenalkan pertama kali pada Mobile World Congress tahun 2010 untuk aplikasi di ponsel Samsung Wave S8500 temasuk aplikasi game yang diciptakan oleh Gameloft. Samsung mengajak developer independent dalam mengembangkan aplikasi-aplikasinya. Platform Bada di ponsel Samsung Wave S8500 mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan besar seperti Twitter, EA (perusahaan game untuk ponsel asal Amerika), Blockbuster (Home Entertainmen asal Amerika), Capcon (perusahaan game untuk ponsel asal Jepang) dan tentu saja Gameloft (perusahaan game untuk ponsel asal Prancis).



Quote:10. webOS
Spoiler for WebOS



webOS adalah sistem operasi mobile untuk beberapa perangkat ponsel, smartphone dan komputer tablet. webOS berbasis linux kernel yang awalnya yang dikembangkan oleh Palm, namun kemudian diakuisisi oleh Hewlett-Packard dengan nilai 1,2 milliar yang kemudian lebih dikenal dengan HP webOS. webOS diperkenalkan tahun 2009. Beberapa perangkat yang menjalankan webOS diantaranya smartphone HP Veer dan HP Pree 3. Sementara untuk perangkat komputer tablet adalah HP Touch Pad. Namun sayangnya perangkat dengan platform webOS kurang laku dipasar bahkan pihak HP menghentikan pembuatan perangkat keras tersebut. Hingga issu yang beredar bahwa di tahun 2011 Samsung akan mengakuisisi webOS namun kabar tersebut disangkal oleh.



Quote:11. MXI (Motion eXperience Interface)
Spoiler for MXI




MXI (Motion eXperience Interface) adalah sebuah sistem operasi mobile yang univesal. Pada tahun 2004, perusahaan solusi nirkabel meluncurkan sistem operasi mobile universal yang menciptakan informasi dan entertained selama dalam perjalanan yang setara dengan kekuatan PC. MXI OS dapat dijalankan untuk aplikasi mobile seperti Windows, Linux, Palm dan Java. Dalam peluncuran perdana MXI OS, user dapat menggunakannya dalam perangkat nirkabel untuk komputasi dan komunikasi (seperti smartphone). MXI menawarkan kemudahan dalam menggunakan interface dan aplikasi yang cepat untuk diakses oleh pengguna.



Quote:12. Maemo
Spoiler for Maemo




Maemo adalah sebuah sistem operasi terbaru dari sebuah vendor besar Nokia yang digunakan oleh device terbatas Internet Tablet yaitu seri N770, N800, N810 dan N900. Sistem operasi ini lebih mengkhusus diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan aktifitas internetan dan browsing ketimbang voice atau komunikasi. Tak heran dalam setiap rilis devicenya, Nokia selalu mengutamakan resolusi layar yang besar dan lebar lengkap dengan layar sentuh plus keypad QWERTY dalam bentuk slide.


Quote:13. JavaOS 
Spoiler for JavaOS




JavaOS adalah sistem operasi dengan Java virtual machine sebagai komponen fundamental. Hal ini dikembangkan oleh Sun Microsystems. Tidak seperti Windows, Mac OS, Unix atau Unix seperti sistem terutama yang ditulis dalam bahasa pemrograman C, JavaOS ini ditulis terutama di Pulau Jawa. Pada 2006, Minggu mempertimbangkan JavaOS sebuah warisan sistem. Sistem ini didasarkan pada arsitektur perangkat keras asli microkernel. Java virtual machine berjalan di atas microkernel.


Quote:14. Nucleus
Spoiler for Nucleus:


Nucleus os adalah sebuah operasi real-time yang efisien sistem dengan manajemen database, USB, jaringan, multimedia dan dengan kemampuan user interface.


Quote:15. Firefox OS
Spoiler for Firefox OS




Mozilla, perusahaan yang mengembangkan aplikasi peramban (browser) Firefox, berencana untuk membuat sistem operasi kode sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile bernama Firefox OS. Mozilla berharap, perangkat perdana dengan Firefox OS akan dirilis tahun 2013.
Segenap dukungan telah didapatkan Mozilla untuk proyek Firefox OS. Produsen perangkat mobile ZTE dan TCL, yang keduanya berasal dari China, siap memproduksi perangkat bersistem operasi Firefox OS.
Mozilla mengatakan, Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka. Dibangun sepenuhnya pada standar web terbuka dan aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi HTML5. Sedikit banyak, Firefox OS akan bersaing dengan Android karena keduanya sama-sama bersifat terbuka (open source) dan bisa digunakan secara gratis oleh vendor ponsel.




Quote:16. Ubuntu Mobile
Spoiler for Ubuntu Mobile


Hadir sebagai pesaing Android dan iOS, perangkat berbasis Ubuntu untuk perangkat mobile ini disebutkan akan hadir dengan harga yang terjangkau. Ubuntu versi ini telah didesain agar tetap mampu bekerja di perangkat entry-level sekalipun.
Ubuntu untuk mobile ini hadir dengan kernel dan driver yang sama dengan sistem operasi buatan Google, Android. Hal ini bisa jadi sangat menguntungkan bagi pihak pengembang. Mereka tidak perlu lagi membangun atau menulis kode aplikasi dari awal.
Linux Ubuntu untuk mobile ini akan tersedia dari entry-level hingga high-end. Yang dimaksud entry-level di sini memiliki spesifikasi minimum prosesor Cortex A9 1GHz dan RAM 512MB. Sedangkan untuk high-end dengan spesifikasi minimum prosesor Quad-core A9 dan RAM 1GB.
Sistem operasi Linux Ubuntu ini sudah mendukung prosesor berbasis ARM dan x86. Dengan dukungan tersebut, perangkat ini bisa menggunakan prosesor PC, seperti Intel Atom.


itulah beberapa sistem operasi yang saya ketahui , semoga bisa membantu anda semua hehe  

Posting Komentar

  1. Macam - Macam System Operasi Pada Smartphone >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Macam - Macam System Operasi Pada Smartphone >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Macam - Macam System Operasi Pada Smartphone >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK zA

    BalasHapus

 
Top